Wajib Tahu! Pengertian Sosial Media dan Dampaknya

Media sosial termasuk sebagai salah satu media yang paling banyak dikunjungi terutama oleh anak muda. Pengertian media sosial itu sendiri adalah media online yang mendukung adanya interaksi sosial media menggunakan internet. Penggunaan internet tersebut memungkinkan user atau penggunanya untuk bisa berinteraksi dengan lebih interaktif.

Sejarah Singkat Sosial Media

Sejarah media sosial sudah ada di tahun 70an. Kala itu, ditemukan sistem papan buletin yang memungkinkan agar bisa terhubung dengan orang lain lewat surat elektronik ataupun software.

Kala itu, media yang dipergunakan adalah telepon yang dihubungkan dengan modem. Kemudian di tahun 1995, situs seperti GeoCities dipublikasikan. Situs ini melayani penyewaan hosting atau penyimpanan data website sehingga website bisa diakses dari mana saja.

Pada tahun 1997-1999, muncullah Sixdegree.com yang merpakan sosial media yang pertama. Di rentang tahun tersebut, juga muncul blogger yang memungkinkan user bisa membuat halaman situsnya sendiri.

Kemudian, muncul media sosial yang lainnya seperti Friendster. Kemunculan friendster tersebut membuat sosial media ini booming dan kemudian sempat menjadi fenomenal. Setelah itu, muncul media sosial yang lainnya. Mulai dari Mig33, LinkedIn, MySpace, Facebook.

Hingga saat ini, ada beberapa media sosial yang masih bisa bertahan. Namun, ada pula media sosial yang harus ditutup dan bangkrut karena kehilangan usernya.

Dampak Penggunaan Media Sosial

Wajib Tahu! Pengertian Sosial Media dan Dampaknya
Wajib Tahu! Pengertian Sosial Media dan Dampaknya

Dari perkembangan media sosial tersebut, tidak dapat dipungkiri jika media sosial memberikan dampak tersendiri. Bisa jadi memberikan dampak positif ataupun negatif seperti berikut ini:

  • Dampak Positif
    1. Memudahkan untuk berinteraksi. Dampak ini sesuai dengan pengertian sosial media dan tujuan medsos agar orang bisa berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu.
    2. Memperluas pergaulan.
    3. Mempersempit jarak sehingga Anda bisa saling berbagi dan berinteraksi tanpa batasan.
    4. Mempermudah Anda untuk berekspresi. Misalnya untuk membagikan konten terkait dengan bakat atau kemampuan yang dimiliki.
    5. Informasi bisa menyebar dengan sangat cepat.
    6. Biaya lebih murah baik untuk berkomunikasi ataupun untuk keperluan promosi.
  • Dampak Negatif:
    1. Bisa menjauhkan Anda dari orang yang terdekat. Misalnya karena Anda bertengkar di media sosial sehingga berimbas pada hubungan Anda dengan orang terdekat di dunia nyata.
    2. Interaksi dengan orang lain di dunia nyata menjadi semakin menurun.
    3. Membuat kecanduan akan internet.
    4. Rentan terhadap pengaruh yang buruk.
    5. Resiko tidak ada batasan privasi.
    6. Bisa menimbulkan konflik yang baru.
    7. Menampilkan berita yang tidak tepat atau hoax. Hal ini tentu akan sangat berdampak pada hubungan atau kondisi di masyarakat secara menyeluruh. Misalnya bisa menimbulkan perpecahan.

Dampak negatif dan positif tersebut hanya sebagian kecil dari dampak yang bisa Anda dapatkan. Namun, ada baiknya jika dalam penggunaannya, perlu adanya kontrol. Dengan begitu, tujuan utama penggunaan medsos sesuai pengertian media sosial bisa terjadi yaitu berinteraksi dengan orang lain tanpa batasan ruang dan waktu,