Poin Penting Membuat Video Animasi Adobe After Effect Jenis Motion Graphics

Jika membicarakan mengenai animasi, ada banyak jenis animasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Salah satunya adalah motion graphics. Jenis animasi ini terbilang cukup sederhana dan tidak terlalu panjang durasinya. Namun, saat membuat video animasi Adobe After Effect untuk jenis animasi ini, Anda tetap perlu memperhatikan point penting berikut ini.

Timing

Ketepatan waktu adalah salah satu hal mutlak yang harus Anda kuasai ketika Anda hendak membuat motion graphics. Salah dalam menentukan timing akan membuat animasi misalnya untuk presentasi yang menunjukkan website untuk mencari artikel ilmiah akan menjadi kurang maksimal.

Poin Penting Membuat Video Animasi Adobe After Effect Jenis Motion Graphics
Poin Penting Membuat Video Animasi Adobe After Effect Jenis Motion Graphics

Fungsi dari timing ini sendiri adalah menciptakan perbedaan antara pergerakan yang ada di animasi tersebut. Misalnya untuk animasi mengenai percobaan larutan kimia, ada saatnya dimana tetesan air larutan tersebut dibuat dramatis dengan pergerakan timing yang lebih lambat. Dengan begitu, hasil akhir akan menjadi lebih menarik dibandingkan jika semua pergerakan memiliki timing yang sama.

Pergerakan

Membuat video animasi Adobe After Effect juga harus memperhatikan gerakan dari video tersebut. Bukan berarti ini adalah motion graphic lalu pergerakannya seenaknya sendiri. Sama halnya dengan timing, pergerakan tidak bisa dipisahkan saat Anda membuat animasi, apapun jenisnya.

Pergerakan yang ada di animasi tersebut haruslah sinkron dan juga continue sehingga terlihat menjadi lebih nyata. Jika terjadi pergerakan patah-patah dan berhenti di tengah jalan, maka akan membuat animasi tersebut menjadi terlihat aneh.

Terlihat sederhana namun cukup rumit. Ini karena Anda tidak hanya memperhatikan 1 gerakan saja. Anda juga perlu memperhatikan pergerakan dari objek yang ada di sekitar. Misalnya rumput yang bergoyang saat angin berhembus. Dengan begitu, pergerakan di video akan semakin menjadi nyata.

Transisi dan Efek

Motion grafis juga memerlukan efek untuk memberikan kesan tersendiri. Misalnya lebih dramatis. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan mengenai transisinya. Kapan harus masuk, keluar, zoom in zoom out ataupun yang lainnya.

Untuk menentukan hal tersebut, maka Anda juga harus memperhatikan scene ataupun storyboard yang sudah Anda buat sebelumnya. Tujuannya agar Anda mendapatkan pegangan dan tidak terlalu bingung terkait dengan pergerakan yang akan Anda buat di Adobe After Effect.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan point penting dari animasi tersebut. Tujuannya agar Anda tidak terlalu menggunakan effect yang justru menenggelamkan atau menyisihkan point utama dari animasi tersebut. Jika point tersebut hilang, maka orang lain yang akan menontonnya menjadi bingung akan apa yang menjadi maksud dari animasi tersebut.

Setelah Anda memahami 3 hal tersebut, Anda bisa membuat motion graphic sesuai dengan kreasi Anda. Agar lebih lancar saat membuat video animasi Adobe After Effect, gunakan komputer dengan spek yang mumpuni agar saat sedang editing, komputer Anda tidak berhenti atau ngehang.