3 cara menyambungkan jaringan ke komputer

Saat anda memiliki komputer, tentunya akan lebih nyaman dan mempermudah pekerjaan anda saat komputer yang anda miliki sudah terhubung ke jaringan internet. Hal ini tidak bisa tersambung secara otomatis, anda perlu melakukan hal-hal lain sebelum komputer anda terhubung ke internet.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, dan tentunya tidak membutuhkan waktu lama. Saya akan membagikan 3 cara menyambungkan jaringan ke komputer anda, dan ketiga cara tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Cara menyambungkan jaringan menggunakan hp

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan hp, anda bisa menghubungkan jaringan hp anda dengan mengaktifkan hospot dan mengaktifkan jaringan komputer anda, kemudian anda memilih nama yang cocok dengan hospot hp yang anda inginkan, memasukkan kata sandi dan mengklik tombol aktifkan dikomputer anda.

Setelah selesai anda bisa menikmati jaringan hp anda dan mengakses internet melalui komputer, untuk kecepatan hospot anda tergantung jaringan atau paket data yang dimiliki hp anda. Jadi usahakan hp anda dalam keadaan memiliki paket data yang banyak dan dalam keadaan sinyal aktif.

  1. Cara menyambungkan jaringan menggunakan WiFi

Cara lainnya akan lebih mudah anda dapatkan saat anda memiliki jaringan WiFi dirumah anda, jaringan ini bisa anda manfaatkan juga dan sambungkan kekomputer yang anda miliki, untuk menyambungkan data WiFi anda kekomputer, anda bisa menggunakan cara yang sama serperti bagaimana anda menyambungkan jaringan anda dari hp ke komputer.

Anda hanya perlu mengaktifkan jaringan dikomputer anda dan mengklik ‘add perangkat’ dan biarkan komputer anda mencari perangkat terdekat yang bisa terdeteksi, kemudian anda bisa memilih nama yang sama dengan nama WiFi yang anda miliki, cara selanjutnya anda bisa menambahkan password jika WiFi anda menggunakan password, dan kemudian menikmati jaringan yang bisa anda dapatkan dari WiFi.

  1. Cara menyambungkan antar komputer dengan menggunakan kabel LAN

Terakhir, cara ketiga yang bisa anda lakukan adalah dengan menyambungkan dari dua komputer menggunakan kabel LAN. Hal yang perlu anda siapkan adalah kedua komputer, kemudian tentunya kabel LAN, cara yang bisa anda lakukan dengan menyambungkan kabel LAN yang anda miliki ke kedua komputer anda. Dan pastinya yang perlu anda perhatikan kabel anda dalam keadaan normal, tidak rusak dan tentunya masih bagus.

Setelah kedua komputer anda terhubung dengan menggunakan kabel LAN, anda bisa mensetting komputer anda dengan IP Address yang sama dengan cara arahkan kursor anda pada logo network yang berada dipojok bawah kanan komputer anda, klik kanan dan pilih open pada Network and Sharing centre.

Selanjutnya klik Internet pada pilihan yang ada dan pilih Properties. Anda bisa melanjutkan dengan melihat pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan mengklik dua kali pada properties. Lalu pilih Use the following IP Address, dan isikan IP Address pada komputer satu (192.168.28.1) dan mengisi IP Adress pada komputer dua (192.168.28.2), hal yang perlu anda ingat, IP address kedua komputer harus berbeda.

Setelah selesai mengisi IP Address, selanjutnya anda melakukan perintah Ping pada CMD untuk mempermudah anda mengetahui apakah komputer anda sudah terhubung kejaringan internet. Saat jaringan anda sudah terhubung, anda bisa menggunakan sesuai kebutuhan anda.

Anda harus mempelajari cara belajar komputer lebih lanjut untuk perangkat-perangkat yang ada dalam komputer anda. Agar anda lebih memahami komponen yang berada didalamnya.