Tips Membeli Rumah di Usia Muda

Punya rumah di usia muda? Sebagian orang mungkin ragu akan hal ini mengingat harga rumah yang naik terus setiap tahunnya, sementara penghasilan yang belum tentu ikut naik. Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat ditempuh kaum mudah untuk dapat membeli rumah bahkan sebelum usia 30 tahun. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan budget rumah yang akan dibeli

Sesuaikan budget yang masuk akal dan sesuai dengan pendapatan saat ini. Lakukan survey ke beberapa area untuk mencari tahu kisaran harga rumah di area tersebut. Pertimbangkan juga kenaikan harga kedepannya. Kenaikan harga rumah biasanya berkisar 7% setiap tahunnya.

2. Menabung uang muka

Umumnya uang muka yang dibutuhkan dalam pembelian rumah adalah 30% dari harga rumah. Untuk dapat mengumpulkan dana tersebut, cermatlah dalam menabung mulai saat ini. Sisihkan 30% dari pendapatan bulanan sebagai tabungan uang muka.

3. Investasi

Investasi menawarkan keuntungan lebih dibandingkan tabungan. Investasi yang tepat dapat melipatgandakan dana yang tersedia. Jenis investasi yang dapat diikuti sangat beragam mulai dari deposito, emas, reksadana, serta berbagai jenis investasi lainnya. 

4. Membuat rencana keuangan

Rencana keuangan ini adalah rencana pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Catat dengan teliti pemasukan yang ada, serta jenis-jenis pengeluaran yang diperlukan. Lakukan evaluasi setiap bulan untuk melihat apakah ada pengeluaran yang dapat ditekan dan dialihkan untuk tabungan pembelian rumah. Pembuatan rencana keuangan ini menjadi salah satu cara untuk berhemat.

5. Pertimbangkan biaya lain-lain

Dalam pembelian rumah, biaya yang dikeluarkan tidak hanya terbatas pada harga rumah itu sendiri. Ada biaya lain-lain yang juga perlu dipertimbangkan salah satunya adalah biaya pajak pembelian rumah. Biaya ini mencakup beberapa jenis biaya seperti biaya balik nama (untuk pembelian dari pemilik rumah), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), NJOP, NJOPTK, dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Biaya-biaya tersebut terkadang tidak sedikit jumlahnya. Pastikan untuk mengetahui cara menghitung pajak pembelian rumah dan memasukkannya dalam rencana dana persiapan pembelian rumah.

Tunggu apa lagi, mulailah perencanaan keuangan mengikuti langkah-langkah tersebut untuk mewujudkan impian memiliki rumah di usia muda.