Sinetron Dari Jendela SMP, Diadaptasi dari Novel Dari Jendela SMP Karya Mira W.

Sebelumadanya sinetron yang baru tahun ini tayang, novel ini juga pernah diadaptasi menjadi sebuah film dengan sutradara Wili Umboh pada tahun 1984 dengan judul Biarkan Kami Bercinta. Namun, karya Mira W. tidak hanya novel dari penulis jendela SMP, beberapa diantaranya juga sukses dan diadaptasi menjadi film juga sinetron. Karya beliau yang berjumlah 80 dan mungkin masih bisa bertambah lagi juga tak kalah apik dari novel ‘Dari Jendela SMP’.

Namun berbeda dengan yang ada pada sinetron dengan judul yang sama dengan novelnya. Berikut ulasan sinetronnya,

Mulai Novel ‘Dari Jendela SMP’ yang memiliki genre roman anak muda dan diselipkan pendidikan sex yang harus mulai ditanamkan sejak dini agar anak tidak mencari tahunya sendiri yang akan mengakibatkan tidak baik pada masa depan anak. Begitupun dengan filmnya yang tidak menghilangkan inti garis merah dari cerita pada novel aslinya.

Sinteron ‘Dari Jendela SMP’ produksi SinemArt yang tayang pada 29 Juni 2020, sinetron ini juga menggunakan latar yang sama seperti pada novelnya yaitu, aktor dan akris yang memerankan anak sekolah menengah. Namun dengan cerita yang disesuaikan agar dapat panjang episodenya sesuai dengan rating yang diberikan penonton juga realita pada zaman sekarang agar lebih relevan dan dapat dinikmati kalangan remaja hingga orang tua saat ini. Tidak hanya penuh dengan hubungan percintaan remaja dalam sinetron tersebut juga terdapat konflik keluarga yang dapat melengkapi alur cerita didalamnya. Namun dibalik problematika anak muda penuh romansa dalam sinetron tersebut, berbeda dengan novel ‘Dari Jendela SMP’, sinetron ini mendapatkan teguran tertulis oleh KPI karena memuat percintaan remaja SMP yang dinilai tidak sesuai dengan perkembangan psikologis remaja.

Secara keseluruhan, mulai dari novel, film dan juga sinetron tentunya memuat pelajaran positif yang dapat kita ambil yaitu, pentingnya pendidikan sex sejak dini sehingga anak tidak akan melakukan hal yang diluar batas. Novel ‘Dari Jendela SMP’ memiliki plot yang melodramatis dengan konflik yang dapat menggugah hati para pembaca. Pada dasarnya kisah percintaan remaja yang penuh dengan konflik kecil dan menggemaskan dalam novel, film dan sinetron tidak akan pernah lekang oleh zaman karena masih banyak masyarakat yang menikmatinya. Sehingga, penulis dan pembuat cerita juga mengikuti pasar dalam membuat karya.