Perkembangan dan Definisi Media Sosial

Sosmed atau social media saat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi namun juga untuk keperluan bisnis. Namun, tahukah Anda apa itu definisi media sosial dan bagaimana perkembangannya? Untuk tahu lebih lengkap, simak informasi berikut ini ya.

Pengertian Media Sosial

Definisi media sosial adalah media daring yang memungkinkan para pengguna untuk berpartisipasi dengan mudah, menciptakan konten, berbagi dengan menggunakan sarana internet. Definisi dari media sosial yang telah dirumuskan, menurut Carr dan Hayes, merujuk pada 3 point penting berikut:

  1. Teknologi digital yang menekankan pada interaksi atau user generated content.
  2. Karakteristik media.
  3. Jejaring sosial untuk berinteraksi.

Dari 3 faktor tersebut diperoleh bahwa media sosial memiliki ciri seperti berikut:

  1. Pesan yang disampaikan lebih jauh atau luas jangkauannya.
  2. Pesan bebas untuk disampaikan tanpa perlu melewati gatekeeper.
  3. Pesan yang disampaikan lebih cepat dibandingkan dengan media yang lain, seperti surat.
  4. Penerima pesan yang menentukan massa atau waktu berinteraksi.
Perkembangan dan Definisi Media Sosial
Perkembangan dan Definisi Media Sosial

Perkembangan dari Media Sosial

Sebelum digunakan seperti sekarang misalnya untuk melakukan cara mempromosikan produk di media sosial, dahulu, orang berkomunikasi lewat surat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, media sosial kini banyak dipergunakan untuk keperluan pribadi dan bisnis.

Untuk tahu sejarah dan perkembangan dari sosial media, simak informasi berikut:

  • 1978: awal ditemukan sistem papan buletin. Sistem ini memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Caranya adalah dengan menggunakan surat elektronik, mengunduh software ataupun mengunggah lewat telepon yang dihubungkan dengan modem.
  • 1995: muncul GeoCities yang menjadi web hosting pertama. Adanya GeoCities ini menjadi tonggak berdirinya situs website lain karena data situs website bisa disimpan dan diakses dengan mudah.
  • 1995: classmates.com muncul dan menjadi jejaring sosial yang digunakan kala itu. Sayangnya, situs ini kalah dengan situs Sixdegree yang muncul 2 tahun kemudian.
  • 1997: Sixdegree.com berdiri dan dianggap lebih bermanfaat dibandingkan dengan Classmates.
  • 1999: berdirinya Blogger . Situs ini memungkinkan Anda untuk membuat halaman situsnya sendiri. Karena hal tersebut blogger bisa memuat banyak hal. Baik mengenai informasi pribadi ataupun opini dan informasi terkait dengan sesuatu dan menjadi tonggak berkembangnya sosial media.
  • 2002: ketenaran Friendster membuat media sosial menjadi fenomenal.
  • 2003: LinkedIn berdiri. Media sosial ini tidak hanya bisa digunakan untuk bersosialisasi namun juga untuk keperluan bisnis misalnya mencari pekerjaan.
  • 2003: MySpace berdiri dan memberikan fitur serta interface yang memungkinkan media sosial ini lebih mudah untuk digunakan. Karena itu, MySpace dianggap sebagai medsos yang user friendly.
  • 2004: Facebook berdiri dan bertahan hingga saat ini.
  • 2006: Twitter muncul yang memungkinkan seseorang untuk mengupdate status dengan batasan karakter 140 karakter.
  • 2010: instagram launching dan memungkinkan user untuk membagikan informasi mengenai gambar ataupun video.
  • 2011: Line diperkenalkan dan Google juga memperkenalkan Google+.

Jadi, sudah tahu definisi media sosial dan perkembangannya? Perkembangan yang tertulis diatas hanya sebagian kecil dari pesatnya perkembangan sosmed hingga saat ini dan mungkin saja akan ada banyak sosmed lain di masa depan. Karena itu, tetap pantau dan cek update perkembangan terbarunya ya.