Pentingnya Membaca Resensi Novel Sebelum Membeli Novel

Resensi berasal dari Bahasa belanda yang artinya mengulas kembali dan jika dalam Bahasa inggris dapat disebut review. Mereview saat ini telah banyak dilakukan oleh orang terlebih lagi dapat dijadikan sebuah hobi yang dapat menghasilkan uang karena dapat berbagai produk untuk di review secara gratis. Namun, resensi novel terbilang cukup mudah karena tinggal membaca dan menuliskan komentar kita.

Tapi tidak hanya itu, kita juga harus dapat menilai novel tersebut secara obyektif. Oleh karena itu kita dapat membaca penjelasan di bawah agar semakin jelas,

Pentingkah membaca resensi novel terlebih dahulu sebelum membeli atau membaca novelnya,mungkin bagi sebagian orang penting membaca resensinya terlebih dahulu karena dalam resensi kita dapat melihat ulasan serta rating novel yang akan dibaca. Bacaan resensi novel biasanya tidak membedah buku secara keseluruhan jadi jangan takut saat membaca resensi akan menjadi sebuah spoiler novel yang akan kita baca. Oleh karena itu, para penulis resensi akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam meresensi karena tidak hanya membaca novelnya, pada beberapa penulis juga melakukan riset terlebih dahulu pada penulis novelnya hingga rekam jejaknya. Penulis resensi juga akan menuliskan kekurangan serta kelebihan dari novel secara obyektif karena resensinya akan dibaca dan dipublikasikan pada masyarakat luas serta sebagai kritik yang membangun pada penulisan novel selanjutnya.

Saat membeli sebuah novel, terkadang pernah terbesit bahwa ternyata alur cerita pada novel tidak sesuai ekspetasi yang dibayangkan. Adanya resensi selain untuk mengkritik dan mengingat apa yang menjadi nilai positif pada novel juga menghindari adanya ketidaksesuaian ekspetasi pembaca pada novel dan juga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk membeli novel. Resensi novel juga sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi pada penulis novel, agar terus melanjutkan karyanya atau dapat pula memperbaiki pada novel- novel selanjutnya.

Ada baiknya setelah membaca novel atau buku-buku lainnya, pembaca menuliskan resensi sebagai bentuk pengingat atas kesannya saat membaca buku-buku tersebut. Saat ini, menuliskan resensi novel dapat dengan mudah dipublikasikan dalam berbagai cara. Cara yang paling mudah menuliskan di media sosial pribadi, jadi para pengikut akun juga dapat mendapatkan pengetahuan baru saat membaca resensi. Dan dapat pula novel yang telah diresensi mendapatkan pembaca-pembaca baru dari resensi yang telah kita buat. Novel yang telah diresensi biasanya juga akan mendapat rating secara obyektif oleh para penulis resensi dan hal ini juga dapat sebagai bahan pertimbangan mengenai bagus- tidaknya sebuah novel untuk dinikmati oleh para penikmat novel.