Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web dari Konsep Sampai Launching

Cara membuat aplikasi berbasis web harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Aplikasi web-based kini sedang berada di puncak popularitas menggusur aplikasi desktop yang sempat mendominasi pasar software beberapa tahun silam. Aplikasi web lebih mudah untuk dikembangkan karena tidak terbatas pada sistem operasi dan tidak memerlukan instalasi pada komputer user.

Banyak apikasi web yang menyediakan berbagai fitur seperti analisis keyword, pengolahan data, cara melihat backlink, dan lain sebagainya. Semua berkompetisi dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami masyarakat. Pada dasarnya, latar belakang pembuatan software adalah untuk memecahkan masalah tertentu. Setelah menemukan permasalahan, barulah seorang developer melanjutkan pembuatan aplikasi dengan langkah-langkah di bawah ini.

 

Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web

 

  • Rancangan Ide

Kalau Anda mencari cara membuat aplikasi berbasis web, tentu Anda sudah memiliki sebuah ide tentang software apa yang ingin Anda kembangkan. Ide inilah yang akan menjadi dasar dalam keseluruhan proses development. Tulis ide Anda di selembar kertas beserta detail-detailnya.

Setelah itu, kembangkan ide tersebut dengan riset tentang permasalahan yang ingin Anda pecahkan. Ketahui potensi pasar Anda dan level kompetisinya. Cari tahu solusi serupa yang ditawarkan oleh kompetitor, lalu temukan hal-hal apa saja yang belum bisa diatasi oleh kompetitor Anda. Terus lakukan riset untuk melengkapi data yang dibutuhkan untuk mengarahkan tujuan akhir software Anda.

 

  • Konsep dan Desain

Setelah tahu persis tentang jenis aplikasi yang ingin Anda buat, lanjutkan cara membuat aplikasi berbasis web dengan pembuatan konsep. Mulailah dengan membuat workflow atau alur kerja aplikasi Anda. Mulai dari halaman utama sampai ke langkah demi langkah yang Anda sediakan di fitur-fitur khusus.

Lalu, buat rancangan desain dengan menggambar sketsa tampilan aplikasi. Sketsa sangat penting agar Anda bisa mendesain aplikasi dengan lebih cepat karena sudah memiliki acuan. Setidaknya, ada gambaran awal mengenai tampilan depan aplikasi agar Anda tidak kehabisan ide saat berhadapan dengan layar kosong.

 

  • Development dan Launching

Eksekusi cara membuat aplikasi berbasis web dengan teknik pemrograman yang Anda kuasai. Ada banyak jenis bahasa pemrograman beserta framework yang bisa Anda pakai untuk membuat aplikasi. Anda juga akan memerlukan keahlian olah-data dengan database, peningkatan keamanan aplikasi, dan hal-hal lain yang selalu Anda jumpai di setiap aplikasi.

Jika aplikasi Anda sudah selesai dibuat, tahap terakhir adalah menyiapkan layanan hosting untuk menaruh aplikasi Anda agar dapat diakses secara publik. Ada banyak layanan web-hosting yang menyediakan fitur web-app untuk mendukung performa aplikasi Anda. Jika semuanya sudah siap, luncurkan aplikasi Anda dan promosikan segencar mungkin untuk menarik banyak pengguna.

 

Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Tahap Evaluasi

Launching bukanlah tahap terakhir dalam pembuatan aplikasi web. Bahkan bisa dikatakan jika sebuah aplikasi tidak akan pernah berhenti dikembangkan. Lihat saja daftar aplikasi yang saat ini Anda pakai di komputer Anda, pasti semuanya menerima pembaruan berkala dari pihak pengembang. Hal yang sama juga perlu Anda lakukan pada aplikasi Anda dengan evaluasi, debugging, dan bug-hunting dari waktu ke waktu. Proses ini sangat penting dalam cara membuat aplikasi berbasis web agar tetap relevan dan kompetitif.