Cara Edit NISN Terbaru yang Bisa Dilakukan lewat Verval PD

Verval PD atau Verifikasi dan Validasi Peserta Didik yang disediakan oleh Kemendikbud sangatlah multifungsi. Salah satunya bisa digunakan untuk mengedit NISN milik siswa. Baik di tingkat Sekolah Dasar, SMP, maupun SMA. Bagaimana sih step by step yang harus dilakukan untuk mengedit NISN milik siswa tersebut?

  1. Langsung Login ke Laman Utama

Setiap operator sekolah bisa masuk ke laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id untuk mengedit NISN. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Verifikasi dan Validasi Peserta Didik terbaru, bisa kunjungi laman http://pd.data.kemdikbud.go.id. Setelah itu, masukkan username dan password untuk mengakses laman utamanya.

  1. Masuk Menu Edit NISN

Setelah masuk, kan ada menu edit identitas, data residu, dan lainnya tuh. Anda klik saja menu dengan nama “edit NISN”. Setelah itu, klik “daftar siswa” dan ketik namanya yang mau diedit. Begitu muncul tabel NISN-nya yang memuat jenis kelamin, nama ibu kandung, dan lain-lain, fokuskan saja pada kolom isian NISN.

Pastikan NISN yang baru itu sama sekali tidak terpakai oleh siswa aktif ataupun tercatat dalam data arsip. Setelah itu, klik “cek data master” untuk memunculkan tabel indeks kemiripan. Menu indeks kemiripan baru terbuka jika porsinya lebih dari 80. Kalau di bawah itu, akan muncul simbol larangan karena tidak bisa upload dokumen pendukung.

  1. Tunggu Proses Selesai

Setelah lolos tabel pengajuan edit NISN, maka bisa langsung diproses. Pihak yang memproses data NISN yang baru langsung dari PDSPK. Nantinya kemungkinan akan 3 ikon yang mewakili proses persetujuan. Mulai dari ikon yang menandakan “sedang diproses”, “data disetujui”, hingga “pengajuan ditolak”.

Mengapa Perlu Edit NISN?

Umumnya, NISN diubah karena terjadi kekeliruan data ataupun perubahan identitas. Namun dalam beberapa kasus, ketika terjadi kesalahan data, rupanya tidak perlu edit NISN. Misalnya karena salah data berupa identitas seperti nama dan tanggal lahir. Kemudian ketika pemilik NISN-nya belum tercantum dalam dokumen seperti SKHU atau ijazah.

Adanya Verval PD yang disediakan oleh pemerintah tentu sangat meringankan kinerja para petugas yang menangani identitas siswa. Sebab tidak harus bolak-balik menyerahkan dokumen hanya untuk mengubah NISN atau data-data di dalamnya. Cukup nyalakan komputer dan proses bisa dilakukan lewat internet milik sekolah.