Apa Perbedaan Blog dan Website?

Banyak yang salah paham kalau blog dan website itu sama. Pada dasarnya memang keduanya adalah suatu situs yang berisi tentang konten tertentu. Namun, ada lho perbedaan blog dan website yang perlu Anda ketahui seperti berikut:

  • Definisi

Secara keseluruhan, memang, blog dan website hampir sama. Apalagi bagaimana cara membuat website dan blog pun juga hampir sama.

Nyatanya, keduanya memiliki perbedaan.

Dilihat dari definisinya, blog atau web log adalah situs yang isinya opini, pengalaman dan aktivitas dari penulisnya. Sedangkan website adalah laman online yang saling berkaitan di dalam 1 domain. Website ini biasanya dikelola oleh individu, kelompok atau institusi.

Jadi, bisa dikatakan kalau blog adalah bagian atau salah satu jenis dari website.

  • Konten

Konten website umumnya berupa informasi mengenai suatu informasi produk, baik barang atau jasa. Sedangkan blog, memiliki konten tentang tema tertentu yang diminati oleh pemilik blog.

Contoh konten blog bisa berupa opini, review. Jadi, kesannya lebih pribadi.

  • Waktu Update

Agar blog atau website tersebut masih dianggap aktif, maka Anda perlu meng-update atau memperbarui konten websitenya. Namun, waktu update antara blog dan website berbeda.

Perbedaan blog dan website untuk waktu upload adalah sering tidaknya waktu upload.

Website memiliki sifat statis. Artinya, Anda tidak perlu terlalu sering untuk memperbarui isi konten. Kecuali untuk konten tertentu seperti produk terbaru yang sedang Anda miliki agar konsumen Anda semakin tahu.

Sedangkan blog memiliki sifat dinamis. Artinya, Anda perlu memperbarui konten secara berkala.

  • Interaksi
Apa Perbedaan Blog dan Website?
Apa Perbedaan Blog dan Website?

Jika Anda perhatikan, blog dan website memiliki interaksi atau arah komunikasi yang berbeda.Blog cenderung memiliki arah interaksi yang lebih interaktif dibandingkan dengan website.

Blog memiliki kolom komentar yang memungkinkan visitor ataupun pemilik blog berinteraksi hingga bisa membangun komunitas. Sedangkan untuk website, biasanya memiliki sifat satu arah dari pemilik website ke pengunjung. Pengunjung hanya bisa berinteraksi lewat fitur pengaduan atau chat langsung dengan admin.

  • Gaya Bahasa

Gaya bahasa dari blog cenderung lebih variatif. Ada yang santai dengan bahasa casual atau informal, ada pula yang menggunakan bahasa formal. Itu semua tergantung dari pemilik blog dan target pasarnya.

Sedangkan bahasa yang digunakan di website cenderung lebih formal dan professional. Ini karena bahasa akan sangat berpengaruh pada image dari website itu sendiri terutama jika website tersebut dimiliki oleh institusi.

  • Subscribe

Baik blog atau website, keduanya memungkinkan visitor untuk melakukan subscribe.

Bedanya, ketika Anda sudah melakukan subscribe, jika Anda subscribe di blog, Anda hanya akan mendapatkan notifikasi konten baru. Sedangkan jika subscribe di website, Anda akan mendapatkan info produk terbaru dan tawaran promo.

Walaupun terlihat sama, blog dan website itu berbeda. Lewat perbedaan blog dan website, semoga Anda bisa lebih mudah untuk membedakan ya.