10 Hal Penting untuk Toko Online Anda

Jadi, Anda memiliki ide bagus untuk bisnis toko online, Anda telah mengetahui rencana bisnis Anda, dan Anda sedang mengerjakan situs web Anda. Ada banyak hal yang diperlukan untuk mempersiapkan peluncuran situs web toko online, jadi bagaimana Anda tahu kapan situs Anda sudah siap?

Memeriksa daftar periksa toko online ini dapat membantu. Ini mencakup hal-hal penting yang perlu Anda lakukan untuk membuat situs web toko online.

  1. Pilih platform toko online

Saat ini, Anda memiliki banyak opsi dalam hal platform toko online . Meskipun Anda dapat membangun situs toko online dari awal, platform toko online menawarkan banyak fitur yang membuat pembuatan dan pengelolaan situs Anda jauh lebih mudah tanpa harus menggunakan cara deface website.

Dengan platform toko online, Anda dapat menggunakan kerangka untuk dengan cepat membuat situs web yang sudah memiliki fungsi toko online bawaan. Anda dapat menyesuaikan templat agar sesuai dengan merek Anda dan menggunakan ekstensi untuk menambahkan fungsionalitas seperti formulir kontak dan konverter mata uang.

Beberapa opsi platform toko online teratas meliputi:

 

  • Shopify
  • Magento
  • BigCommerce
  • WooCommerce
  • 3dcart

 

  1. Pilih nama domain

Anda juga memerlukan nama domain – nama situs web Anda dan apa yang diketik pengguna di bilah alamat untuk sampai ke situs web Anda. Pilih nama domain yang pendek, mudah diingat, dan relevan dengan merek Anda. Anda dapat membeli domain melalui banyak platform toko online serta pendaftar domain lainnya seperti:

  • Domain.com
  • Ayo ayah
  • Bluehost
  • HostGator
  • Namecheap
  1. Pilih penyedia web hosting

Anda juga harus memilih penyedia hosting web yang akan menyediakan ruang di server untuk menyimpan file situs web Anda. Seperti halnya dengan nama domain, Anda mungkin dapat membeli hosting web melalui platform toko online atau penyedia hosting web lain, banyak di antaranya juga merupakan pendaftar domain.

Beberapa penyedia web hosting terbaik meliputi:

  • Bluehost
  • HostGator
  • DreamHost
  • A2Hosting
  • Hostinger
  1. Pastikan situs Anda aman

Keamanan sangat penting untuk situs web apa pun, tetapi sangat penting terutama untuk situs toko online karena orang memasukkan informasi pembayaran mereka. Anda akan ingin membeli sertifikat Secure Sockets Layer (SSL) dan menambahkan sistem verifikasi alamat (AVS) dan nilai verifikasi kartu kredit (CVV) ke proses pembayaran Anda.

  1. Tambahkan sistem manajemen konten ke situs Anda

Anda juga mungkin ingin menambahkan  sistem pengelolaan konten , atau CMS, ke daftar periksa toko online Anda.

CMS adalah alat untuk membuat, mengedit, dan menerbitkan konten situs web. Sebagian besar platform toko online menyertakan fungsi ini. Namun, jika Anda membangun situs web tanpa platform toko online, pertimbangkan untuk menambahkan CMS.

 

  1. Siapkan pemrosesan pembayaran

Periksa proses pembayaran Anda dengan cermat sebelum meluncurkan situs Anda untuk memastikan bahwa pelanggan dapat menyelesaikan pembelian mereka dan bahwa Anda dibayar.

Anda pasti ingin memilih sistem pembayaran online yang andal dan memastikan opsi pembayaran populer, seperti PayPal, tersedia untuk pelanggan.

 

  1. Buat dokumen persyaratan penggunaan

Salah satu persyaratan situs toko online yang paling penting adalah dokumen persyaratan penggunaan yang ditulis dengan baik dan profesional yang dapat dengan mudah ditemukan pelanggan di situs web Anda. Dokumen ini menjelaskan aturan untuk menggunakan toko toko online Anda dan penting untuk melindungi Anda secara hukum.

 

  1. Tulis kebijakan privasi

Dokumen hukum penting lainnya untuk dimiliki di situs web Anda adalah kebijakan privasi Anda . Kebijakan ini membantu membangun kepercayaan dengan pengguna Anda dan melindungi Anda secara hukum. Beberapa pihak ketiga juga mengharuskan Anda memiliki kebijakan privasi sebelum mereka bekerja dengan Anda. Pastikan pelanggan dapat dengan mudah menemukan dokumen ini di situs web Anda.

 

  1. Tambahkan kebijakan pengembalian ke situs Anda

Selain kebijakan privasi Anda, penting juga untuk memiliki kebijakan pengembalian di situs Anda, yang menjelaskan aturan dan prosedur pengembalian pembelian. Kebijakan pengembalian yang ramah pelanggan dapat membantu mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian karena mereka tahu mudah untuk mengembalikan barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Biasanya Anda dapat menemukan dokumen seperti persyaratan penggunaan, kebijakan privasi, dan kebijakan pengembalian di footer situs web toko online, seperti dalam contoh ini dari situs web Walmart.

  1. Pastikan situs Anda sesuai dengan PCI

Anda juga ingin memastikan bahwa situs web Anda mematuhi Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran (PCI DSS) . Perusahaan kartu kredit besar mengharuskan organisasi yang menerima kartu mereka untuk mematuhi standar ini, yang bertujuan untuk mengamankan dan melindungi data kartu kredit.

 

Platform toko online Anda mungkin menyediakan semua yang Anda butuhkan agar sesuai dengan PCI. Pastikan situs Anda memenuhi persyaratan situs toko online ini karena jika Anda tidak patuh, Anda mungkin tidak dapat menerima beberapa kartu kredit dan dapat dikenakan denda jika terjadi pelanggaran data.